Bahaya Gadget Berlebihan





Bahaya Gadget Berlebihan Terhadap Mata

Bahaya gadget berlebihan by golden wap? Waspadai Bahaya Gadget berlebihan Terhadap  Mata karena Handphone, laptop, komputer sudah jadi barang biasa yang dioperasikan sehari-hari Ada orang yang memang harus menatap layar gadget tersebut karena tuntutan pekerjaan ada pula
yang berlama-lama menatap layar gadget hanya untuk membunuh waktu atau mengisi waktu luang. Beragam gadget tersebut memang punya banyak sekali hal menarik seperti  hiburan untuk mengisi waktu luang. Tapi Anda perlu waspada karena menatap layar gadget terlalu lama ternyata bisa membawa dampak buruk bagi mata. Ada berbagai bahaya gadget terhadap mata mulai dari yang ringan hingga yang berat dan patut menjadi perhatian.

Ini Dia Bahaya Gadget berlebihan Terhadap Mata yang Penting Diketahui

Mata merupakan salah satu panca indera yang fungsinya sangat vital dalam kehidupan sehari-hari. Anda tentu menggunakan panca indera ini setiap hari untuk melihat berbagai hal. Mata Anda biasanya hanya beristirahat ketika Anda tidur ataupun memejamkan mata. Penggunaan mata yang berlebihan dapat berakibat buruk, bahkan dapat memicu kerusakan atau sakit mata. Salah satunya adalah penggunaan mata untuk menatap layar gadget sehari-hari. Berikut ini beberapa
bahaya gadget terhadap mata dari google yang sangat penting untuk Anda ketahui:

1. Bahaya Gadget Berlebihan mengakibatkan Mata kering

Menatap layar gadget terlalu lama membuat mata akan lebih jarang berkedip. Akibatnya mata akan menjadi kering.Normalnya mata manusia akan berkedip beberapa saat sekali untuk membasahi mata dengan air mata. Kedipan ini berfungsi menghidari terjadinya kekeringan pada mata Anda. Ketika Anda terlalu fokus menatap layar gadget dalam waktu lama maka mata akan kurang terbasahi oleh cairan air mata. Mata kering ini bisa mengakibatkan berbagai keluhan lainnya pada mata Anda. Biasanya mata kering ini ditandai dengan mata yangberubah warna menjadi kemerahan. Bahkan mata yang kering ini justru akan terlihat
lebih berair dibandingkan mata yang dalam keadaan normal.

2. Mata perih Penyebab Bahaya gadget berlebihan

Mata perih ini masih ada kaitannya dengan poin pertama yaitu mata kering. Ketika mata Anda kekurangan pelumas maka biasanya Anda akan merasakan perih pada bagian mata yang memicu Anda untuk mengucek mata dengan keras. Tindakan mengucek mata ini justru akan membuat mata menjadi semakin perih, bukan malah mengatasinya. Mengucek mata yang perih justru dapat mengakibatkan iritasi pada mata Anda yang tentunya membutuhkan penanganann yang lebih serius lagi.

3. Bahaya gadget berlebihan mengarah Pada Mata lelah

Terlalu banyak berkedip ketika memandang layar gadget ataupun terlalu tegang dalam memandang layar dapat membuat mata Anda lebih cepat lelah. Mata lelah ini sangat lazim dialami oleh para pengguna gadget yang mengoperasikannya dalam jangka waktu yang cukup lama.

Bahaya gadget berlebihan mata akan terasa lebih berat yang nantinya bisa menjalar ke bagian kepala bahkan bahu. Solusi dari mata lelah ini adalah dengan mengistirahatkan mata untuk beberapa saat dengan cara tidak menatap ke layar gadget. Anda bisa memejamkan mata selama beberapa saat ataupun memijat bagian sekitar mata dengan lembut untuk mengendurkan otot-otot yang tegang. Biasakan diri untuk memberikan jeda beberapa saat ketika menggunakan gadget agar mata dapat beristirahat.

4. Bahaya gadget berlebihan menjadikan tegang

Bahaya gadget berlebihan terhadap mata selanjutnya adalah mata tegang. Menatap layar gadget dalam waktu lama akan membuat otot-otot mata bekerja terus menerus. Biasanya hal ini akan membuat otot mata menjadi terasa tegang. Jika otot mata terlalu tegang bahkan Anda bisa merasa sedikit sakit kepala.
Mata tegang ini bisa diatasi dengan memijat bagian pelipis atau bagian sekitar mata untuk membantu mata lebih rileks. Mata tegang juga bisa muncul ketika Anda memandang gadget dalam jarak yang terlalu dekat, untuk itu cobalah untuk menjauhkan
gadget dari mata Anda.

5. Bahaya gadget berlebihan dapat menyebabkan rabun jauh

Rabun jauh juga merupakan salah satu bahaya gadget terhadap mata yang cukup banyak dialami masyarakat. Terlalu lama menatap gadget setiap harinya membuat mata terpapar radiasi dari layar terlalu banyak. Selain itu mata pun jadi kurang terlatih karena terbiasa menatap satu benda dalam waktu yang lama. Akibat jangka panjangnya adalah timbulnya kelainan mata berupa miopi atau rabun jauh. Sebenarnya rabun jauh ini bisa dihindari dengan cara mengatur waktu ketika Anda menatap layar baik ponsel ataupun komputer. Biasakan untuk memberikan jeda waktu beberapa saat dan cobalah untuk menatap sekeliling ruangan ataupun benda dalam
jarak yang jauh.

Hal ini penting dilakukan untuk melatih kemampuan akomodasi mata. Bahaya gadget berlebihan yang terbiasa hanya menatap satu benda jarak dekat dalam waktu lama berpotensi untuk terjadinya rabun jauh atau biasa juga disebut sebagai mata minus yang dapat ditolong dengan penggunaan kaca mata atau lensa kontak.

6. Bahaya gadget berlebihan mengakibatkan sakit kepala

Tidak hanya mata yang bisa bermasalah karena menatap layar gawai kesayangan Anda, ternyata masalah ini pun bisa merambat sampai ke kepala. Menggunakan gadget terlalu lama setiap harinya bahkan bisa memicu terjadinya sakit kepala bahkan hingga gangguan tidur. Itulah mengapa segala sesuatu perlu dilakukan sesuai dengan porsinya
dan tidak berlebihan.

Tidak hanya mata kering saja tapi juga masalah lain yang muncul akibat mata kering seperti mata lelah,mata perih hingga mata sepet.
Cairan tetes mata ini dibuat aman untuk penggunaan sehari-hari
dan bisa membantu melumasi mata agar tetap bisa berfungsi normal.Cairan tetes mata ini bisa diteteskan sebanyak 1 hingga 2 tetes di tiap mata ketika mata mulai terasa kering atau perih.

Obat tetes mata ini bisa diperoleh dengan mudah di toko ataupun apotek sekitar Anda. Harganya pun sangat terjangkau.
Gunakan cairan ini untuk merawat mata sehari-hari dan mata
Anda akan bebas masalah Bahaya gadget berlebihan meskipun harus menatap layar gadget terus-menerus. Tapi perlu diingat bahwa Anda pun juga perlu untuk mengurangi waktu penggunaan gadget demi masa depan panca indera penglihatan Anda ini. Jangan sampai penglihatan Anda rusak di usia yang masih muda dan mengganggu aktivitas sehari-hari Anda di masa tua nanti.

Cara Mudah Mengatasi Bahaya gadget berlebihan

Mata kering ialah salah satu masalah kesehatan di mata yang kerap terjadi pada kita sehari-hari. Mata kering bisa jadi adalah indikasi mata yang berinteraksi secara berlebihan sehari-hari, kurangnya produksi air mata karena kegiatan yang terus menerus serta proses penguapan air mata yang terjadi dalam waktu cepat sehingga akan menghambat pelumasan air mata.

Hal ini akan mengganggu dan juga membuat penglihatan menjadi buram. Padahal, mata adalah organ vital yang diperlukan dalam melakukan kegiatan rutin sehari-hari. Penyebab mata kering sendiri bisa karena produksi kelenjar air mata yang tidak normal, sindrom mata kering hingga keluarnya air mata secara berlebihan. Berikut adalah cara mengatasi mata kering.

Gejala dan Cara Mengatasi Bahaya Gadget Berlebihan

Beberapa gejala dari mata kering di antaranya adalah mata yang terasa sepet, pegel serta perih. Berikut adalah penjelasannya satu per satu.

1. Mata Pegel akibat bahaya gadget yang berlebihan

Mata pegel diakibatkan adanya interaksi yang intens akan cahaya di hadapannya secara terus menerus. Termasuk di antaranya adalah penggunaan gadget seperti telepon genggam ataupun komputer yang mengeluarkan pancaran radiasi white light tanpa kedipan jeda pada cahaya yang dipandang tersebut.

Mata pegel juga bisa terjadi karena rasa tidak nyaman akan penggunaan mata karena adanya interaksi yang salah, misalkan penggunaan kaca mata minus yang tidak sesuai ukuran lensa mata. Solusi terbaiknya adalah dengan menggosok-gosokkan kedua telapak tangan hingga hangat lalu tempelkan di kelopak mata. Cara ini bisa mengatasi mata pegel secara sementara.

2. Mata Sepet

Mata sepet diakibatkan adanya tumpukan titik kalsium di daerah dalam kelopak mata. Penimbunan kalsium ini terutama karena ketidaksempurnaan proses metabolisme kalsium yang menumpuk lalu menempel di kelopak mata terutama di daerah selaput bening mata. Mata akan terasa mengganjal. Seringkali orang akan mengucek matanya yang terasa sepet, namun hal ini justru akan mengakibatkan iritasi terutama pada kornea mata. penggunaan Bahaya gadget berlebihan dan sepet adalah dengan menggunakan obat tetes mata.

3. Mata Perih

Mata perih bisa diakibatkan oleh debu ataupun asap. Keduanya adalah faktor utama yang menyebabkan mata terasa perih karena iritasi serta kekurangan cairan sebagai pelumas mata. Interaksi antara biji mata serta kelopak mata terkontaminasi asap maupun debu akan dapat melukai kelopak mata atau menyebabkan iritasi.
Produksi air mata akan terganggu dan rasa perih akan mulai terjadi. Kelelahan pada mata ini bisa terjadi karena kedipan mata yang kurang ketika menghadapi komputer. Usahakan untuk selalu memberi jeda saat berada di hadapan komputer. Istirahatkan mata agar mata tidak pegel, sepet maupun perih. Untuk mengatasi mata kering dan perih ini, jangan kucek mata karena justru akan menyebabkan terjadinya iritasi. Gunakan obat tetes mata yang cocok.

Salah satu solusi mengatasi mata kering ialah Insto Dry Eyes, obat tetes mata yang terbukti mengatasi mata perih, sepet dan pegel saat tengah menjalani aktivitas sehari-hari. Insto Dry Eyes dapat digunakan di jalan raya terutama bagi pengguna sepeda motor yang pasti sering berhadapan dengan debu dan asap jalanan.
Obat tetes ini begitu instan serta mujarab untuk digunakan, bahkan telah turun temurun digunakan mulai dari orang tua hingga anak-anak. Insto Dry Eyes bisa diaplikasikan dengan cepat bahkan tanpa harus turun dari kendaraan. Sembari menunggu lampu lalu lintas berubah warna dari merah ke hijau, kita bisa meneteskan obat ini untuk mengatasi mata yang terasa sepet, pegel dan perih.

Setelah tiba di kantor, bisa jadi mata akan kembali terasa pegel karena harus menghadapi komputer selama delapan jam penuh. Bahkan, jika harus lembur sampai malam hari, maka mata harus bersia-siap kerja ekstra serta pastinya menjadi semakin pegel, perih dan sepet. Lamanya waktu kerja di depan komputer memang dapat melelahkan mata dan membuatnya semakin kering atau terus berair.

Selain itu, kedipan mata yang jarang di depan komputer juga bisa jadi alasan mata yang mengering. Seringkali pekerja kantoran tidak sadar akan hal ini dan terus melakukan hal yang sama secara rutin berulang kali. Solusi mengatasi mata kering ialah Insto Dry Eyes yang bisa jadi pelindung mata terbaik.

Obat tetes mata Insto Dry Eyes sebagai solusi mengatasi mata kering juga terbukti aman serta cocok bagi pengguna lensa kontak. Lensa kontak sendiri akan lebih aman jika pemakaian disesuaikan dengan ketentuan. Kemungkinan terkena infeksi akan tetap ada serta harus diperhatikan secara lebih mendalam, apalagi karena kuman akan selalu menempel di tempat mana saja, termasuk jari tangan serta kelopak mata. Kuman seperti jamur serta bakteri yang turut menempel pada lensa kontak akan dapat berkembang dan menjadi infeksi pada mata. Mata akan menjadi kering serta iritasi.

Cairan pembersih lensa kontak saja ternyata tidak bisa sepenuhnya diandalkan untuk membasmi kuman. Ini karena cairan tersebut tidak dapat memusnahkan jamur maupun bakteri pada lensa kontak. Pemakaian cairan pembersih ini justru berpotensi memicu iritasi mata, ulkus kornea, konjungtivitis serta penipisan pada kornea.

Solusi bahaya gadget berlebihan pada pengguna lensa kontak ialah obat tetes mata Insto Dry Eyes. Obat tetes mata ini terbilang efektif dalam membersihkan mata akibat dari pemakaian lensa kontak. Tetesan Insto Dry Eyes akan dapat menormalkan mata yang terasa pegal, sepet maupun perih, baik akibat debu dan asap jalanan maupun sebagai akibat dari kesalahan dalam pemakaian lensa kontak.

Pemakaian Insto Dry Eyes untuk mengatasi mata kering juga sangat mudah, cukup dua tetesan pada kelopak mata maka mata akan segera pulih seperti sedia kala. Jangan lupa untuk lepaskan dulu lensa kontak sebelum meneteskan obat tetes mata Insto Dry Eyes. Obat tetes mata ini sudah terkenal sehingga tidak akan sulit untuk menemukannya di apotek, supermarket, miniamarket hingga warung-warung.

Kemasannya mungil dan mudah digunakan. Simpan dalam keadaan tertutup rapat di tempat yang terlindung dari sinar matahari atau benda-benda tajam. Insto Dry Eyes dapat digunakan baik oleh anak-anak, remaja maupun dewasa hingga orang tua. Selaim itu cukupilah dengan mengkonsumsi nutrisi yang baik serta vitamin A, sehingga nutrisi untuk mata terpenuhi agar dapat mengantisipasi Bahaya gadget berlebihan terhadap mata .

Agus Sunoto

Share
Published by
Agus Sunoto

Recent Posts

Cara Mencari  pacar idaman

Cara Mencari Pacar idaman Cara mencari pacar idaman Tidak Taunya melobi kekasih itu susah bukan semudah…

1 hari ago

Kelezatan Kuliner Nusantara Favorit Mendunia

Nikmatnya Kuliner Tradisional yang menjadi Terkenal Seantero raya makanan Indonesia yang mendunia. Rempah-rempah yang rupa-rupa…

1 hari ago

3 Langkah Pemburu Dollar

3 Langkah Menjadi  Pemburu DollarLangkah Pemburu dollar Indonesia di internet menjadi kegiatan bisnis sebagian besar…

2 hari ago

Fakta Buruknya Makan Sebelum Tidur

Fakta Buruknya Makan Sebelum TidurBuruknya Makan Sebelum TidurFakta Buruknya Makan Sebelum Tidur dengan mengkonsumsi tinggi…

2 hari ago

Bahaya Akibat Makan Sebelum Tidur

Akibat Makan Sebelum Tidur  Bahaya Akibat Makan Sebelum Tidur dengan mengkonsumsi padat protein amat  tidak…

2 hari ago

Kelezatan Kuliner Tradisional Heboh Terkenal

Rasanya Mantap Kuliner Tradisional yang menjadi Terkenal Sejagad makanan Nusantara yang tersohor.Rempah-rempah yang rupa-rupa menjadi…

3 hari ago

This website uses cookies.